Urgensi IT dalam Perguruan Tinggi Moderin

“Fasilitas WiFi gratis, lab-lab komputer berakseskan Internet, dan dukungan e-Learning dalam sistem kampus” sudah menjadi tawaran dari hampir setiap perguruan tinggi saat ini. Rasanya sudah jarang sekali kampus yang tidak menawarkan WiFi gratis di kampusnya.

Fenomena seperti ini adalah gambaran dari tren masa kini kehidupan kampus. IT (Information Technology) sudah menjadi tawaran wajib kampus – kampus era masa kini untuk menarik mahasiswa baru (maba) ke kampus tersebut. Oleh karena itu, mari kita bedah kembali mengapa sih kampus – kampus zaman sekarang menggencarkan membangun infrastuktur IT-nya?

Pertama, sebagai bukti kualitas, IT menawarkan daya tarik yang luar biasa. Dengan kemajuan teknologi dimana semakin banyak mahasiswa/i yang punya laptop, fasilitas WiFi menjadi mutlak bagi bagi mahasiswa tersebut. Selain itu, fasilitas IT bisa mencitrakan suatu perguruan tinggi dalam level kelas tinggi. Image suatu kampus pun akan terangkat ketika fasilitas IT mereka cukup lengkap.

IT juga bisa menjadi sarana pendukung pencapaian visi suatu perguruan tinggi. Menjadi kampus unggulan adalah tujuan dari setiap kampus dan IT bisa menjembatani pencapaian visi tersebut. Untuk menjadi kampus papan atas, sarana pendukung perkuliahan mutlak dibangun secara modern demi penciptaan proses pembelajaran yang lebih matang. Nah, di sinilah IT akan berperan sebagai salah satu infrastruktur wajib pelengkapan sarana-prasarana tersebut.

Ketiga, fasilitas IT menjadi penunjang kegiatan mahasiswa di kampus. Dengan demikian, pemenuhan sarana IT di kampus secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas kegiatan mahasiswa yang juga bisa mendongkrak rating dan posisi kampus secara global.

Inilah beberapa poin singkat yang coba saya tawarkan dari urgensi IT di kampus di era modern ini. Keberadaannya sangat dibutuhkan sehingga kampus – kampus modern harus meletakkannya dalam prioritas untuk pembangunan kampus kedepannya.

@Ahmad Nasikun

Ditulis dalam Lomba Blog UII. Tag: . 2 Comments »

2 Tanggapan to “Urgensi IT dalam Perguruan Tinggi Moderin”

  1. Kang Bondan Says:

    yup yup yup. webometric

  2. Nasikun Says:

    thank you bro….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: